Flag Counter

Flag Counter

Senin, 11 Agustus 2014

Penjelasan Tentang Pemrograman Mobile

1. Pengertian Mobile Programing

    Mobile adalah perangkat yang bergerak, misalnya telepon seluler atau komputer bergerak yang digunakan untuk mengakses jasa jaringan. Jadi mobile programming adalah program yg di gunakan utk perangkat mobile.

contohnya mobile programing untuk ponsel :

1. J2ME , ini rasanya paling umum dan paling banyak HP yang support teknologi ini, blackberry pun     masih menggunakan J2ME dengan tambahan API

2. C++ dalam symbian framework, ini khusus untuk HP dengan OS symbian

3. Flash Lite, game flash di mobile. Playernya sendiri setau saya baru ada di nokia NSeries

4. Objective C (mirip C tapi beda struktur bahasa program ) , ini untuk iphone,dan hanya bisa 
    didevelop via OS Macintosh

5. C++ dalam Brew framework, ini untuk HP CDMA

6. C# .NET, untuk HP dengan OS Windows mobile

7. Javafx mobile, masih dikit yang support, mgkn baru HP Android


Perangkat Mobile

Perangkat mobile memiliki banyak jenis dalam hal ukuran, desain, dan layout tetapi mereka memiliki kesamaan karakteristik yang sangat berbeda dari system desktop.


    a. Ukuran Yang Kecil

         Perangkat mobile memiliki ukuran yang kecil. Konsumen menginginkan perangkat yang 
terkecil untuk kenyamanan dan mobilitas mereka.

    b. Memory yang terbatas

    Perangkat mobile juga memiliki memory yang kecil, yaitu primary (RAM) dan secondary(disk). Pembatasan ini adalah salah satu faktor yang mempengaruhi penulisan program untuk berbagai jenis dari perangkat ini. Dengan pembatasan jumlah dari memory, pertimbangan - pertimbangan khusus harus diambil untuk memelihara pemakaian dari sumber daya yang mahal ini.

c. Daya proses yang terbatas

    Sistem mobile tidaklah setangguh rekan mereka yaitu desktop. Ukuran, teknologi dan biaya adalah beberapa faktor yang mempengaruhi status dari sumber daya ini. Seperti hardisk dan RAM, Anda dapat menemukan mereka dalam ukuran yang pas dengan sebuah kemasan kecil.

d. Mengkonsumsi daya yang rendah

    Perangkat mobile menghabiskan sedikit daya dibandingkan dengan mesin desktop. Perangkat ini harus menghemat daya karena mereka berjalan pada keadaan dimana daya yang disediakan dibatasi oelh baterai - baterai.

e. Kuat dan dapat diandalkan

    karena perangkat mobile selalu dibawa kemana saja, mereka harus cukup kuat untuk menghadapi benturan - benturan, gerakan, dan sesekali tetesan air.

f. konektivitas yang terbatas

    perangkat mobile memiliki bandwith rendah, beberapa dari mereka bahkan tidak tersambung. Kebanyakan dari mereka menggunakan koneksi wireless

g. Masa hidup yang pendek

    Perangkat - perangkat konsumen ini menyala dalam hitungan detik kebanyakan dari mereka selalu menyala. Coba ambil kasus sebuah handphone, mereka booting dalam hitungan detik dan kebanyakan orang tidak mematikan handphone mereka bahkan ketika malam hari. PDA akan menyala jika anda menekan tombol power mereka.

Macam – macam Mobile Divice

    Mobile Computers :
               1.      Notebook PC
               2.      Ultra-Mobile PC
               3.      Handheld PC
               4.      Personal Digital Assistant / enterprice Digital Assistant
               5.      Graphing Calculator
               6.      Pocket Computer 
 
          Handheld Game Console :
  
               1.      Nintendo DS (NDS)
               2.      Gane Boy, Game Boy Color
               3.      Game Boy Anvance
               4.      Sega Game Gear
               5.      Pokemon Mini
               6.      NeoGeo Pocket, NeoGeo Color
               7.      Atari Lynx
               8.      Pandora
               9.      GP2x / GP32
               10.    Gizmondo
               11.    PlayStasion Portable (PSP)
               12.    N-Gage

    Media Recorders :
      
               1.      Digital Still Camera (DSC)
               2.      Digital Video Camera (DVD atau Digital Camcorder)
               3.      Digital Audio Recorder

    Media Players / Displayers :
   
               1.      Portable Media Player
               2.      E-Book Reader

    Communication Devices :
   
               1.      Mobile Phone
               2.      Cardless Telephone
               3.      Pager
 
    Penggunaan
  
          Perangkat genggam telah menjadi ruggedized untuk digunakan dalam manajemen. Penggunaan termasuk digitalisasi catatan, mengirim dan menerima faktur , manajemen asset, tanda tangan rekaman, bagian pengelola, dan barcode scanning.
  
          Perkembangan terkini ialah dalam kolaborasi seluler system menggunakan perangakan genggam yang menghubungkan video, audio, dan di layar kemampuan gambar untuk memungkinkan multi-partai konferensi secar real-time, indenpenden dari lokasi.

          Komputer genggam tersedian berbagai faktor bentuk ,termasuk smartphone di ujung rendah, handheld PDA, Ultra-Mobile PC dan Tablet PC. Laptop pada umumnya di anggap sebagai perangkat mobile karena mereka tidak cikup kecil untuk terus dalam tangan seseorang.

          Pengguna dapat menonton teloivisi melalui internet dan perngakat mobile. Handphone penerima televise sudah ada dari sejak 1960-an, dan pada abad ke-21 penyedia ponsel mulai membuat televise tersedia di telepon selular.
          Web operator situs mengembangkan perngakat pendetekdi genggam perngakat lunak untuk memastikan bahwa versi yang benar dari situs web yang dikirim ke perangkat mobile yang benar.

           Mobile programming adalah pemrograman aplikasi mobile bisa menggunakan J2ME, mobile merupakan aplikasi yang bisa jalan di handphone seperti PDA atau handphone lainnya yang berbasis JAVA.
          
           Pemrograman untuk mobile device mempunyai aturan tersendiri. Pemrograman dalam J2ME (Java 2 Micro Edition) sudah popular dalam hal pemrograman untuk perlatan dalam ukuran kecil. Ada pula BREW ( Binary Runtime Environment for Wireless) yang dibuat oleh Qualcomm untuk mobile phones. Awalnya BREW dikembangakan untuk CDMA, dapat mengunduh (mendownload) dan dapat menjalankan program- program kecil untuk memaikan games, mengirim sms, foto dan lain-lain.

           Keterbatasan yang sangat umum dalam bahasa pemrograman untuk peraltan mobile adalah kendala dalan segala dalam hal sumber daya, seperti ukuran layar, memori, CPU, penyimpanan dan cara menginput data. Perbedaan tampilan juga disebabkan adanya perbedaan hardware dan API yang di gunakan.




share this article to: Facebook Twitter Google+ Linkedin Technorati Digg
Posted by Yuliyas, Published at 23.06 and have 2 komentar

2 komentar:

  1. wuiih baru nemu nih, artikelnya keren kak, oh ya kak kenalin nama saya yuli suseno, jika berkenan mampir ya ke web kampus kami di kampus ISB Atma Luhur. terima kasih

    BalasHapus