Flag Counter

Flag Counter

Minggu, 28 Juli 2013

Teknik Pengkabelan Jaringan


Bagi anda yang akan melakukan Installasi jaringan, harus memperhatikan device / alat yang akan digunakan untuk menghubungan jaringan komputer tersebut. Karena ada dua jenis Type pengkabelan pada jaringan, yaitu Straight dan Crossover. Berikut type pengkabelan berdasarkan device yang digunakan.

Perbedaan penggunakan type crimpe :
• PC – Router/Hub/Switch : Straight
• Hub – Router : Straight
• PC – PC : Cross
• Router -Router : Cross
• Hub – Hub : Cross
Sebelumnya kita persiapkan peralatan yg dibutuhkan yaitu :

1. Kabel UTP

Kabel UTP itu adalah kabel khusus buat transmisi data. UTP singkatan dari “Unshielded Twisted Pair”. Disebut unshielded karena kurang tahan terhadap interferensi elektromagnetik. Dan disebut twisted pair karena di dalamnya terdapat pasangan kabel yang disusun spiral alias saling berlilitan. UTP ada banyak merek yang beredar di pasaran, hanya saja yang terkenal bandel dan relatif murah adalah merek Belden – made in USA. Kalau mau yang lebih murah dan penggunaannya banyak, maka beli saja yang satu kotak, panjangnya sekitar 150 meter.


2. RJ-45


Konektor ini digunakan sebagai alat penghubung antara Kabel UTP dan LAN Card atau HUB/Swicth HUB/Router. Konektornya ini bentuknya seperti colokan telepon hanya saja lebih besar. Nama untuk konektor ini adalah RJ-45.


3. Crimp Tool


Satu lagi yang sangat penting, Anda harus punya tang khusus buat memasang konektor ke kabel UTP, istilah kerennya adalah “crimp tool”. Alat ini gunanya untuk ‘mematikan’ atau ‘menanam’ konektor ke kabel UTP. Jadi sekali sudah di ‘tang’, maka sudah tidak bisa dicopot lagi konektornya.


4. LAN Tester


LAN Tester adalah sebuah alat yang digunakan untuk pengecekan Kabel UTP yang telah terpasang RJ-45 maka gunakan LAN Tester. Anda bisa membeli yang merek dari Taiwan saja agar lebih murah. Bentuknya seperti kotak dan ada lampu LED-nya delapan pasang dan bisa kedap-kedip.

Langkah-langkah untuk membuat kabel cross
  • Kupas bagian ujung kabel UTP dengan menggunakan Crimping tools tetapi jangan terlalu panjang kira-kira 2 cm.
  • Buka pilinan kabel, kemudian luruskan dan urutankan kabel sesuai standar TIA/EIA 368B.Untuk urutan warna kabel tipe cross seperti pada gambar dibawah ini :
Gambar Urutan Pengabelan Cross
  • Setelah urutannya sesuai standar, potong dan ratakan ujung kabelnya. Kemudian masukan kabel  yang sudah lurus dan sejajar tersebut ke dalam konektor RJ-45, pastikan semua kabel  dalam keadaan posisi benar.
  • Lakukan crimping menggunakan crimping tools, tekan crimping tool dan pastikan semua pin (kuningan) pada  konektor RJ-45 sudah menggigit ujung kabel. Gambar dibawah ini hasil yang benar dan yang salah.
Langkah langkah membuat kabel Straight.
     Sama seperti Pengkabelan Cross hanya saja ujung A dan Ujung B sama 



share this article to: Facebook Twitter Google+ Linkedin Technorati Digg
Posted by Yuliyas, Published at 07.22 and have 0 komentar

Tidak ada komentar:

Posting Komentar